Gaji Orang2 IT  

Posted by kang admin

kemaren gw baca di blog orang tentang gaji2 orang IT... dan ternyata gaji paling tinggi itu dipegang ama ERP Consultan (nah apa itu ERP Consultan...?).
berikut gw kasih tau job2 apa aj yg paling dibutuhin sekarang ini, seperti System Analyst,Network Admin, dll...

Junior Programmer
biasanya dia baru fresh graduate. klo programmer biasanya dibutuhkan skill ttg Java, C++ n VB(VB???ambigu niih...). klo web programmer HTML/XML, PHP, ASP, Cold Fusion. klo Database programmer kbanyakan masih pada pake Delphi, cuma ktanya lebih disukai yang mnguasai sintaks2 SQL(makanya kursus di Lab.database...hehehee).
Modalnya: S1 atau D3 di bidang Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Teknik Komputer atau Sistem Informasi.
n info ttg gajinya minimal udah sampe 3juta cuy...

System Analyst
System analyst adalah orang yang tugasnya menganalisis dan mendesain sistem yang akan digunakan dalam suatu perusahaan/organisasi. dia harus tau apa yg diinginkan oleh si klien(system definition), pengerjaan databasenya, budgetingnya,ampe ke hardware nya. kita tau sendiri System Analyst kerja sama dengan programmer,jadi system analyst itu merancang dan mendesain sistem lalu dikerjakan sama programernya lewat coding2...
Modalnya : S1 Sistem Informasi, Manajemen Informatika atau Teknik Informatika. sudah berpengalaman selama 1 atau 2 tahun dan pernah membuat suatu rancangan sistem.
klo masalah gaji, dia lebih gede dari programer lho.. sekitar 6 juta

IT Manager
klo ini dituntut untuk bisa segala macam bahasa pemrograman,, sistem jaringan, sistem database, troubleshooting, dan people skill. mantep dah pokoknyahh... biasanya IT manager ini direkrut dari orang2 yg udah lama kerja di persahaan tsb,skitar 5-10 tahunan dehh...
n gajinya sekitar 15 juta booo...

Web & Graphic Designer
intinya sih kerjanya disuruh bikin web dan bertanggung jawab atas elemen2 visual di web tsb. n kerjanya bareng sama programer web.
Modalnya : lulusan S1 bid. Design Grafis atau lulusan DKV dan harus menguasai aplikasi multimedia seperti : lash, Photoshop, Dream Weaver, Quark X-Press, Freehand, dll
gaji sekitar 4 juta

System Adminstrator / Network Administrator
system administrator bertugas menjaga keamanan & kontinuitas jaringan sistem yang digunakan, seperti mengeset komputer agar terkoneksi ke internet, mengeset e-mail server (misal: Outlook), FTP server, DNS server. klo network administrator adalah orang yang sering ditanyai bila terjadi troubleshooting dalam jaringan.pengalaman di bidang networking protocol seperti TCP/IP atau Apple Talk. pengalaman menggunakan sistem keamanan seperti firewall, VPN, atau antivirus pun penting.
Modalnya : S1 SI atau Tek. Komputer atau TI
Gajinya sekitar 5 juta..

ERP Consultant

Tugas intinya adalah memberi masukan atau saran akan pengembangan suatu sistem dengan software database tertentu. Tujuannya supaya perusahaan klien lebih efektif dalam melakukan pekerjaan, dengan pengeluaran yang lebih minim. Tak jarang seorang konsultan ERP (Enterprise Resource Planning) juga dituntut untuk memberi solusi pengumpulan dan pencarian data (data warehousing & data mining).
Modal: Lulusan S1 bidang Teknik Informasi atau Sistem Informasi. Yang penting adalah pernah menggunakan atau mengimplementasi sistem database tertentu, seperti Oracle atau SAP. Karenanya, terdapat bermacam-macam konsultan saat ini, seperti Oracle consultant, SAP consultant, PeopleSoft consultant, dan sebagainya.
Gaji per bulan: Untuk konsultan yang bekerja sendiri, gajinya tergantung proyek yang dikerjakan. Sebagai gambaran, untuk mengimplementasi software database untuk bisnis, sebuah perusahaan perlu membayar sekitar US$ 100.000 hingga US$ 200.000 (sekitar Rp 880 juta-Rp1,7 milyar). Perusahaan konsultasi bisnis seperti JD Edwards atau SAP sendiri juga mempekerjakan tenaga konsultan.

http://payjoke.blogspot.com/

This entry was posted on 17 Des 2008 at 21.08 . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

1 komentar

Anonim  

Wew...bagus juga tuch ERP prospeknya cerah...tapi boleh lebih detail lagi ngga penjelasan mengenai ERP?

3:45 AM

Posting Komentar